Kenapa anda harus tahu bentuk tubuh anda?

Pernahkan anda ke pusat perbelanjaan dan jatuh cinta pada satu baju, tapi setelah di coba di fitting room, it’s not look too good on you? Kesal sekali ya rasanya.

Dengan kenal betul bentuk dan tipe badan anda, maka akan sangat membantu anda dalam memilih pakaian dan busana yang cocok untuk anda sehingga dapat memancarkan kecantikan anda. Baju yang anda kenakan harus dapat menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan tubuh anda.

Coco Chanel once opined,

Fashion is architecture;

it is a matter of proportions.”

Jadi, apapun bentuk tubuh anda, tetaplah percaya diri. Pilihan busana yang tepat pastinya dapat menutupi kekurangan dan menampilkan kelebihan anda.

Berdirilah di depan kaca, dan mulai amati termasuk bentuk tubuh apakah anda. Usahakan jangan memakai pakaian yang longgar saat anda melakukan ini, karena akan sulit untuk melihat bentuk sebenarnya tubuh anda dengan pakaian yang kebesaran.

cyonpark butik baju pakaian wanita online, know your body type, ketahui bentuk tubuh anda

BODY TYPE: Buah Pear / Bell

Wanita dengan bentuk tubuh pear memiliki bahu yang sempit dan panggul yang lebar. Jadi ukuran panggul akan lebih lebar dari ukuran dada dan pundak. Apabila kadar lemak bertambah, akan memenuhi di bagian pinggul dan kaki.

FIT SOLUTIONS

Kuncinya adalah mengalihkan perhatian dari area pinggul anda. Tambahkan aksen atau berikan volume pada bagian atas tubuh anda, dan minimalkan volume pada bagian pinggang ke bawah.

Gunakan pakaian dengan warna-warna gelap pada bagian bawah, dan warna cerah / terang untuk atasan.

Untuk baju atasan, pilih garis leher berbentuk  U, V, atau sabrina, untuk lengan baju pilih bentuk puff, kelelawar, atau kimono.

Pilih celana bawahan dengan potongan pinggang rendah, dengan aksesoris ikat pinggang / ban yang kecil. Hindari ikat pinggang besar karena akan menambah volume pinggul anda. Hindari celana atau rok dengan kantong samping. Celana berpotongan lurus dan celana bootleg disarankan untuk tipe tubuh pear.

Body shape, tipe tubuh, bentuk tubuh pear / bell shape, bentuk tubuh pear memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh pear ver2

BODY TYPE : Hourglass (Jam pasir)

Apabila anda termasuk tipe badan jam pasir, maka anda memiliki ukuran yang seimbang antara bagian bahu dan pinggul. Ukuran bahu akan hampir sama dengan pinggul dan ukuran pinggang kecil.

FIT SOLUTIONS

Badan dengan tipe Jam pasir dapat mengenakan hampir semua model pakaian, tentu saja disesuaikan dengan proporsi tinggi dan berat badan anda.

Bereksperimentlah dengan warna, motif , dan texture untuk pakaian anda, tentu saja pilih yang sesuai dengan kepribadian anda.

Apabila anda mempunyai dada yang penuh, hindari kantong pada baju bagian dada. Apabila anda ingin menonjolkan lekuk tubuh anda, highlite busana anda dengan aksen di bagian pinggang, seperti ikat pinggang atau line texture/pattern.

Untuk pilihan busana bawahan : rok pensil sangan cocok untuk bentuk tubuh jam pasir. Celana berpotongan lurus atau pensil, dan dengan potongan di pinggul akan mempertegas lekukan tubuh indah anda.

Body shape, tipe tubuh, bentuk tubuh jam pasir / hour glass, bentuk tubuh jam pasir memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh jam pasir

BODY TYPE : V-Shape

Seringkali disebut bentuk tubuh apple. Bentuk tubuh ini dapat digambarkan sebagai tubuh atletis. Bahu akan lebih lebar daripada bagian pinggul. Ukuran pinggang sedang dan ukuran pinggul biasanya sempit, pantat agak rata dan kaki kurus. Penyebaran lemak akan berada di bagian atas tubuh (pundak dan dada).

FIT SOLUTIONS

Apabila bahu anda sangat lebar, maka  tambahkan volume di bagian pinggul anda untuk menyeimbangkan dan mengalihkan perhatian dari bahu anda.

Pilih pakaian dengan garis leher berbentuk V, U, dan hindari leher sabrina. Untuk tanktop pilih yang mempunyai straps yang lebar. Hindari baju atasan motif garis-garis horizontal dengan lengan berbentuk puff, atau detail berlebih di bagian lengan / bahu yang akan menambah volume di bagian atas tubuh anda.

Hindari terusan dengan garis pinggang tinggi (High waistline) atau dengan ruffle (rumbai) di bagian atas. Apabila lengan anda besar, baju atasan dengan lengan 3/4 sangat cocok untuk anda, dan pilih bahan yang lembut dan jatuh (tidak kaku).

Detail seperti motif-motif eye catching, motif besar, kantong samping dapat ditambahkan untuk bawahan, dan pilih yang simple untuk baju atasan. Detail kantong samping atau kerut di bagian samping pinggul sangat cocok untuk menambah volume bagian bawah tubuh anda sehingga dapat menyeimbangkannya dengan bagian atas tubuh anda, dan menciptakan curve.

Body shape, tipe tubuh, bentuk tubuh apel atau v shape, bentuk tubuh v, memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh V_ver2

BODY TYPE: Banana or straight (lurus)

Tubuh tipe banana / lurus, mempunyai ukuran bahu dan pinggul yang sama, dan ukuran pinggang hampir mendekati ukuran bahu/pinggul. Tubuh proposisinya agak lurus dan tidak banyak lekuk (curvy).

FIT SOLUTIONS

Pilih busana yang dapat memberikan lekukan (curve) pada tubuh anda, dan menambahkan highlite pada pinggang anda.

Untuk bawahan, gunakan rok A line, atau rok balon. Untuk atasan, pilih lengan puff, atau blazer dengan detail bahu atau dengan bentuk melebar mulai dari garis pinggang. Tambahkan aksesoris seperti kalung atau scarf pada busana anda untuk menambah kesan feminin pada anda.

Hindari menggunakan baju yang longgar, karena tujuannya adalah membuat curve bagi bentuk tubuh lurus, bukan menyembunyikannya.

Body shape, tipe tubuh, bentuk tubuh lurus/banana, bentuk tubuh lurus memilih pakaian berdasarkan bentuk tubuh lurus ver2

Anda sudah tahu bentuk tubuh anda dan pakaian seperti apa yg cocok untuk bentuk tubuh anda, what else do you need? It’s confidence babe. Percaya diri! that’s all what matter.

See you in the next tips ladies!

Cheers..

With all respect, all pictures and information in CYON Park CANNOT BE COPIED, DISTRIBUTED, REPRODUCE, or PUBLISHED for any media, electronic or any other purposes, without prior WRITTEN PERMISSION and CONSENT  from the author.

© 2010 CYON Park- All Rights Reserved